Menu
Pilih Motor
Yamaha
Webportal Marketing Motor Yamaha Indonesia
Kawasaki
Webportal Marketing Motor Kawasaki Indonesia
Beranda » Top Artikel » Begini Tips Agar Rem Motor Matic Tak Blong di Turunan

Begini Tips Agar Rem Motor Matic Tak Blong di Turunan

Mengendarai motor matic memang sekilas jauh lebih mudah dibandingkan dengan motor ‘laki’ atau sport dan motor bebek. Jika di kedua motor tersebut, kelincahan tangan memainkan gas dan handle salah satu rem juga kaki untuk memindah-masukkan gigi persneling, motor matic tinggal gas saja. Meski demikian, bukan berarti tak ada risiko sama sekali di balik kemudahan mengendarai motor matic. Sebagai motor yang dirancang tanpa gigi persneling, motor matic akan langsung ‘bablas’ jika di gas maupun saat remnya blong. Lain halnya dengan motor sport dan bebek yang mesinnya bisa membantu menahan laju di turunan. Nah, agar berkendara motor matic di turunan dengan aman, berikut adalah tips agar rem motor matic tak blong di turunan.

Tips penting tersebut, tak laian adalah buka-tutup rem depan dan belakang secara bergantian. Hal ini dimaksudkan agar rem depan dan belakang sama-sama bisa bernafas alias tidak panas. Teknik pengereman yang demikian tadi, dilandasi pertimbangan bahwa pada kerusakan rem pada motor matic bisa disebabkan oleh panasnya kampas rem.

Saat kodisi jalan menurun, hindari mengeram secara bersamaan antara rem depan dan belakang pada motor matic. Hal ini lantaran rem justru berpotensi blong saat ditekan terlalu lama. Secara teknis, saat rem terus ditekan, maka kampas akan panas, sehingga voksitas dari oli akan berkurang. Kondisi ini menyebabkan oli mencair yang lambat laut akan membuat ngepolos.

Sementara itu, jika daya cengkram rem dirasa sudah menginggit, sebaiknya Anda memilih untuk berhenti dahulu untuk mengembalikan temperatur dan viktositas oli pada rem.

Teknik lain yang perlu dikuasai dalam pengereman dengan motor matic adalah lebih ‘memainkan’ rem belakang dari pada rem depan. Hal ini mengingat pada rem depan ada potensi roda belakang terangkat. (y)

Dipublish pada 23 Juli 2020 | Dilihat sebanyak 85 kali | Kategori: Top Artikel
Bagikan

  • Belum ada komentar

    Silahkan tulis komentar Anda

    Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

    Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

    Artikel Menarik Lainnya
    Webportal Marketing Motor
    Marketing-Motor.com merupakan Webportal Marketing Motor di Seluruh Indonesia. Marketing-Motor.com membantu pengunjung website untuk mendapatkan informasi Produk, Spesifikasi, Harga dan Promo terbaru serta kontak Marketing Motor yang sesuai dengan lokasi tempat tinggal pengunjung.
    Marketing-Motor.com bukan merupakan Dealer Sepeda Motor, serta tidak menjual Produk Motor. Marketing-Motor.com hanya menyediakan kontak marketing, bukan merupakan website Jual Beli, tidak ada transaksi apapun yang terjadi di Website.
    Segala komunikasi dan transaksi Dilakukan langsung dengan marketing dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pembeli dan Marketing.