Menu
Pilih Motor
Yamaha
Webportal Marketing Motor Yamaha Indonesia
Kawasaki
Webportal Marketing Motor Kawasaki Indonesia
Beranda » Top Artikel » Tips Berkendara Motor Matik di Jalan Tanjakan

Tips Berkendara Motor Matik di Jalan Tanjakan

Meski gampang, mengendari motor matic juga butuh kecakapan tersendiri, terutaa di medan tanjakan. Agar Anda tak salah teknik berkendara, berikut adalah tips berkendara motor matic di jalan tanjakan ala Marketing-Motor.com.

Berbeda dengan motor bebek atau motor ‘laki’ di mana pengguna sudah harus mengambil ‘ancang-ancang’ alias persiapan  dengan mengurangi gigi persneling saat akan melewati tanjakan, motor matic tetap saja tingga nge-gas. Anda perlu menarik pelan-pelan gas dan tidak langsung menarik terlalu kuat, agar motor stabil dan kuat menyelesaikan tanjakan.

Teknik pertama yang diperlukan saat melewati tanjakan dengan motor matic adalah memposisikan badan seenak mungkin. Usahakan badan condong ke depan agar bisa mengurangi risiko pada posisi ban yang terangkat. Dengan posisi yang enak dan rileks, mengendarai pun akan lebih tenang, sehingga motor lebih mudah dikendalikan.

Kedua, sebelum berkendara pastikan agar motor tidak lemah baik di RPM putaran rendah maupun tinggi. ‘Kesehatan’ mesin secara keseluruhan sangat diperlukan agar motor matic sukses menaklukan tanjakan.

Terakhir, cek komponen rem. Meski untuk melibas tanjakan yang lebih dibutuhkan adalah power mesin dan gas, tetapi rem juga tak bisa ditanggalkan. Pastikan sebelum berangkat Anda mengecek tidak ada masalah dengan rem. Mengingat motor matic adalah kendaraan yang mengandalkan rem pada handle rem belakang dan depan, pastikan tidak ada masalah dengan handle tersebut. Anda juga harus mengecek kondisi kampas rem agar tidak sampai kehabisan. Kaitannya dengan rem, kampas rem ini sangat penting, karena jika sampai habis, akan mengikis piringan atau tromol. Kalau sudah demikian, rem berpotensi blong. Tentu, kondisi ini akan sangat membahayakan keselamatan berkendara.

Demikian tips berkendara motor matik di jalan tanjakan. Semoga bermanfaat. (y)

Dipublish pada 11 Juli 2020 | Dilihat sebanyak 16 kali | Kategori: Top Artikel
Bagikan

  • Belum ada komentar

    Silahkan tulis komentar Anda

    Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

    Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

    Artikel Menarik Lainnya
    Webportal Marketing Motor
    Marketing-Motor.com merupakan Webportal Marketing Motor di Seluruh Indonesia. Marketing-Motor.com membantu pengunjung website untuk mendapatkan informasi Produk, Spesifikasi, Harga dan Promo terbaru serta kontak Marketing Motor yang sesuai dengan lokasi tempat tinggal pengunjung.
    Marketing-Motor.com bukan merupakan Dealer Sepeda Motor, serta tidak menjual Produk Motor. Marketing-Motor.com hanya menyediakan kontak marketing, bukan merupakan website Jual Beli, tidak ada transaksi apapun yang terjadi di Website.
    Segala komunikasi dan transaksi Dilakukan langsung dengan marketing dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pembeli dan Marketing.